Dalam tutorial ini, kita akan menciptakan logo dari sebuah film mendatang, Justice League . Dalam film tersebut, logo itu mungkin dibuat dengan menggunakan perangkat lunak 3D. Tapi itu tidak akan menghentikan kita untuk menciptakannya menggunakan Photoshop dan Illustrator. Kami akan menggunakan Illustrator untuk menggambar bentuk logo dan kemudian membawa mereka ke Photoshop untuk meningkatkan penampilannya. Mari kita mulai.
Dapatkan inspirasi dengan logo yang lebih menakjubkan dari GraphicRiver .
Tutorial Aset
Aset berikut digunakan dalam tutorial ini:
1. Bagaimana Menggambar Garis Besar Vektor
Langkah 1
Pertama, kita akan menggambar logo dalam perangkat lunak vektor, Adobe Illustrator. Anda bisa langsung menggambar di Photoshop, kalau mau. Tapi secara pribadi saya lebih memilih Illustrator karena memiliki kontrol yang lebih baik untuk editing vektor. Di Illustrator, buat Dokumen Baru ( File> Baru ). Ukuran apapun bisa diterima.
Langkah 2
Aktifkan Rectangle Tool dan kemudian klik sekali pada kanvas kosong. Kotak dialog akan muncul menanyakan dimensi persegi panjang yang ingin kita buat. Set ke 13 cm x 12 cm . Klik tombol OK untuk membuat persegi panjang dengan ukuran yang tepat.
Langkah 3
Pastikan Anda telah mengaktifkan Panduan Cerdas ( Lihat> Panduan Pintar ). Pilih bentuk persegi panjang. Menggunakan Pen Tool , klik pada bagian tengah tepi bawahnya untuk menambahkan titik jangkar baru.
Langkah 4
Tarik titik jangkar baru ke bawah menggunakan Direct Selection Tool sambil menahan tombol Shift .
Langkah 5
Sedangkan bentuknya dipilih, klik Object> Path> Offset Path . Atur ukuran offset negatif sampai kita membuat bentuk bingkai. Pastikan pilihan Previewdipilih, yang akan memungkinkan Anda melihat hasil akhirnya secara real time.
Langkah 6
Menggunakan Direct Selection Tool , pilih dua titik jangkar di atas. Tambahkan sedikit sudut radius dari Option Bar .
Langkah 7
Kami selesai membangun frame, jadi mari kita lanjutkan untuk membangun huruf. Anda bisa mencoba mencari jenis font yang sesuai dengan bentuk huruf aslinya, namun dalam tutorial ini kita akan menariknya dari awal. Kita mulai dengan bentuk persegi panjang sebagai dasar untuk huruf J.
Langkah 8
Gandakan bentuk ( Control-C , Control-V ) dan kemudian Putar itu 90 ° . Lampirkan ke bagian bawah huruf J. Gandakan bentuk lain dan gunakan untuk bagian atas huruf J.
Langkah 9
Kita perlu memindahkan beberapa titik anchor menggunakan Direct Selection Tool . Lihat gambar berikut untuk referensi.
Langkah 10
Setelah Anda puas dengan hasilnya, kita perlu menggabungkan semua bentuk menjadi satu huruf J . Pilih bentuk dan kemudian klik Bersatu di panel Pathfinder .
Langkah 11
Pilih semua titik anchor dan kemudian tambahkan Radius Corner.
Langkah 12
Tambahkan Sudut Radius yang lebih besar ke dua titik jangkar di bagian bawah huruf J.
Langkah 13
Dengan menggunakan pendekatan serupa seperti pada langkah sebelumnya, buat huruf L. Kita mulai dengan persegi panjang. Pastikan bentuk persegi panjang memiliki ketebalan yang sama dengan yang digunakan pada huruf J.
Langkah 14
Tarik tepi kanan ke atas menggunakan Direct Selection Tool .
Langkah 15
Tambahkan persegi panjang yang lain.
Langkah 16
Pilih kedua bentuk dan Kombinasikan mereka menjadi huruf L tunggal .
Langkah 17
Jika kita melihat secara dekat jalur vektor, kita akan melihat bahwa ada beberapa titik jangkar yang tidak dibutuhkan, seperti dua titik di bawah ini. Ini adalah praktik yang baik untuk selalu menjaga kebersihan jalan dan bebas dari titik jangkar yang tidak terpakai. Klik kedua poin dengan Pen Tool untuk menghapusnya.
Langkah 18
Berikut adalah beberapa poin jangkar yang ingin kita hapus.
Langkah 19
Tambahkan bentuk bintang menggunakan Star Tool . Tempatkan di tengah huruf.
Langkah 20
Pilih bintang dan kemudian Copy ( Control-C ). Lalu pilih bintang dan sepucuk surat. Dari panel Pathfinder , pilih Kurangi .
Langkah 21
Tekan Control-F untuk menempelkan objek bintang yang telah kita salin tadi di tempat yang sama. Pilih bintang dan sisa surat dan kemudian kurangi dari panel Pathfinder .
2. Cara Ekspor Vector Paths ke Photoshop
Langkah 1
Kita selesai dengan bentuk vektor, jadi mari kita transfer ke Photoshop . Pilih semua bentuk yang telah kita buat dan tekan Control-C .
Langkah 2
Mari kita buka Photoshop. Buat File Baru ( Kontrol-N ).
Langkah 3
Klik ikon Add Adjustment Layer di bagian bawah panel Lapisan untuk menambahkan Solid Color . Pada kotak dialog berikutnya, pilih warna gelap (
#0e0f16
) untuk latar belakang kanvas.Langkah 4
Tekan Control-V untuk menempelkan jalur vektor yang telah kita buat sebelumnya di Illustrator. Tempelkan sebagai Shape Layer .
Langkah 5
Klik dua kali thumbnail bentuk layer dan ubah warnanya menjadi warna abu-abu gelap (
#414650
).Langkah 6
Sekarang, kita ingin memindahkan huruf dan bingkai ke lapisan yang terpisah.Langkah ini akan mempermudah proses editing. Pilih jalur huruf dan tekan Control-Shift-J .
Langkah 7
Ubah warnanya menjadi warna abu-abu yang lebih terang (
#78757b
).Langkah 8
Ulangi proses untuk bingkainya, dan pindahkan ke lapisan yang terpisah.Ingatlah bahwa sekarang kita memiliki tiga lapisan bentuk: satu untuk huruf JL , satu lagi untuk bingkai mereka, dan satu lagi untuk latar belakang bentuk pentagon.
Langkah 9
Pastikan bentuk layer huruf dipilih dan kemudian klik dua kali layer untuk menambahkan beberapa gaya. Kami ingin menambahkan Bevel & Emboss untuk menambahkan sedikit tampilan 3D ke permukaan huruf. Inner Glow dan Gradient Overlay akan membantu menambahkan pencahayaan ke permukaannya. Dan Drop Shadow akan mengangkat huruf dari latar belakang mereka.
Langkah 10
Kita juga perlu menambahkan style ke layer frame. Untuk bingkai, tambahkanInner Glow yang besar dengan Gradien putih ke hitam yang tajam untuk menambahkan pencahayaan metalik ke permukaan.
Langkah 11
Kita juga perlu menambahkan gaya pada latar belakang logo.
3. Cara Menerapkan Tekstur
Langkah 1
Logo muncul tiga dimensi, namun tetap datar. Untuk mengatasinya, kita perlu menambahkan tekstur. Ambil tekstur logam nomor 4 . Letakkan di atas lapisan huruf. Kurangi Opacity layer menjadi 60% lalu tekan Control-Alt-G untuk mengubah tekstur menjadi Clipping Mask .
Langkah 2
Tambahkan lagi tekstur logam , kali ini nomor 8 . Letakkan di atas bentuk huruf dan sama seperti tekstur sebelumnya, ubah menjadi Clipping Mask .
Langkah 3
Mari tambahkan tekstur lain, kali ini yang marmer, untuk menambahkan garis bergelombang acak melintasi huruf. Tekan D untuk mengatur ulang warna background dan foreground ke pengaturan default, putih dan hitam. Buat Layer Baru lalu buat Seleksi baru yang melingkupi huruf. Klik Filter> Render> Clouds .
Langkah 4
Klik Filter> Render> Selisih Awan .
Langkah 5
Tekan Control-F beberapa kali untuk menerapkan Filter Awan Selisih yanglain . Setelah Anda mendapatkan beberapa bentuk yang menarik, tekan Control-Alt-G untuk mengubahnya menjadi Clipping Mask dan meletakkan tekstur di dalam bentuk huruf. Pada panel Layers , ubah Layer Blend Modemenjadi Overlay dan kurangi Opacity -nya .
Langkah 6
Dan, tentu saja, kita perlu menambahkan tekstur ke bingkai. Kali ini, gunakantekstur beton . Letakkan di atas bingkai, kurangi Opacity -nya , dan ubah menjadi Clipping Mask .
Langkah 7
Tambahkan tekstur logam lain, letakkan di atas bingkai dengan Opacity rendah , lalu ubah menjadi Clipping Mask .
Langkah 8
Jangan lupa menambahkan tekstur pada latar belakang logo.
4. Bagaimana Menambahkan Penerangan ke Latar Belakang
Langkah 1
Tambahkan Lapisan Baru dan letakkan di atas logo Justice League. Aktifkan Brush Tool . Klik kanan untuk membuka daftar sikat yang tersedia. Pilih Scatter Brush . Cat putih di balik latar belakang logo.
Langkah 2
Lembutkan sapuan kuas dengan menerapkan filter Gaussian Blur dari Filter> Blur> Gaussian Blur . Gunakan Ukuran Radius yang besar sampai stroke benar-benar kabur. Di panel Lapisan , kurangi Opacity dan atur Layer Blend Modemenjadi Overlay .
Langkah 3
Tambahkan sikat kuas putih lagi untuk menambahkan lebih banyak pencahayaan ke dalam pemandangan.
Langkah 4
Kita masih perlu menambahkan bayangan yang lebih kuat ke huruf secara manual. Tambahkan Lapisan Baru dan letakkan di bawah lapisan bentuk huruf. Control-klik thumbnail dari layer huruf untuk membuat pilihan baru berdasarkan bentuknya.
Langkah 5
Isi seleksi dengan warna hitam. Lalu tekan Control-D untuk menghapus pilihan. Dengan menggunakan Move Tool , pindahkan bayangan beberapa piksel ke bawah. Jaga agar bayangan tetap lembut dengan menerapkan filter Gaussian Blur ( Filter> Blur> Gaussian Blur ) dan kurangi Opacity -nya .
Langkah 6
Mari tambahkan tekstur lain ke dalam logo. Buat Lapisan Baru dan buatlah pilihan yang mencakup logo. Klik Filter> Render> Clouds .
Langkah 7
Klik Filter> Render> Selisih Awan beberapa kali sampai Anda mendapatkan tekstur yang menarik.
Langkah 8
Klik Image> Adjustments> Levels atau tekan Control-L . Pada kotak dialog Levels , tarik segitiga putih sampai kita memiliki kontras yang bagus di dalam seleksi.
Langkah 9
Untuk mengisolasi tekstur dalam huruf dan bingkainya, kita perlu masking. Control-click the letter thumbnail layer lalu Shift-Control-klik layer thumbnail frame. Tambahkan Mask ke lapisan bentuk dan kemudian atur Layer Blend Mode menjadi Darker Color dengan Opacity 30% .
Langkah 10
Kami ingin menambahkan kedalaman ke dalam adegan. Cat putih pada New Layer menggunakan Soft Round Brush . Jika Anda menginginkannya lebih lembut, cukup gunakan filter Gaussian Blur ( Filter> Blur> Gaussian Blur ). Kurangi layer Opacity dan gunakan Overlay untuk Blend Mode-nya.
Langkah 11
Ulangi langkah ini untuk menambahkan highlight lembut lainnya di tempat kejadian.
Langkah 12
Jangan lupa tambahkan area gelap. Di pojok kiri atas, cat titik hitam acak dan jaga agar tetap halus dengan membuatnya transparan. Tambahkan beberapaGaussian Blur jika diperlukan.
Langkah 13
Mari tambahkan latar belakang kasar untuk menciptakan suasana hati yang gelap untuk keseluruhan pemandangan. Untuk melakukan ini, tambahkanLapisan Baru lalu Isi dengan warna putih. Klik Filter> Noise> Add Noise . Pastikan Monokromatik dipilih. Klik OK . Ubah Layer Blend Mode menjadi Multiply untuk melestarikan semua piksel gelap dan menyembunyikan piksel putih dari pandangan.
Langkah 14
Kami ingin menambahkan warna biru ke latar belakang. Dari panel Lapisan , tambahkan Filter Foto dan pilih Biru untuk warnanya. Secara default, yang Photo Filter Adjustment Layer akan mempengaruhi setiap pixel di bawahnya. Untuk membatasinya ke latar belakang, pilih Layer Mask dan cat di atas logo dengan warna hitam.
5. Bagaimana Menambahkan Lampu dan Refleksi
Langkah 1
Buat Lapisan Baru . Kontrol-klik layer bentuk huruf untuk membuat pilihan baru berdasarkan bentuk huruf. Klik Edit> Stroke . Di kotak dialog, setel putih seperti Stroke Color-nya dengan Lebar 1 px . Klik OK untuk menerima hasilnya.
Langkah 2
Menggunakan Eraser Tool dengan 0% Hardness , menghapus sebagian besar garis stroke dan meninggalkan beberapa di sudut huruf.
Langkah 3
Gandakan garis goresan dan kemudian oleskan filter Gaussian Blur untuk melunakkan garis. Kurangi lapisan Opacity agar tetap halus.
Langkah 4
Ulangi prosedur yang sama untuk bingkainya.
Langkah 5
Perbesar di bagian tengah huruf, tepat di area bintang yang kosong. Dengan menggunakan Soft Round Brush , oleskan sekali pada New Layermenggunakan warna kuning muda seperti warnanya.
Langkah 6
Tekan Control-T untuk mengubah sapuan kuas.
Langkah 7
Pegang tombol Control lalu seret sudutnya untuk menghilangkan sapuan kuas. Tekan tombol Enter untuk menerima hasil transformasi.
Langkah 8
Ulangi langkah sebelumnya, tambahkan sedikit goresan kuas dan kemudian miringkan. Ulangi ini beberapa kali sampai kita memiliki cukup pantulan cahaya untuk mengisi celah.
Langkah 9
Di balik pantulan bintang, cat putih untuk lampu isi pada latar belakang logo.
Langkah 10
Kita bisa menambahkan refleksi cahaya lain di bagian lain logo tempat cahaya menyentuhnya. Dalam adegan ini, sumber cahaya imajiner ditempatkan di pojok kanan atas. Salah satu tempat terbaik untuk refleksi berikutnya ada di bagian kiri bawah logo. Sama seperti pada langkah sebelumnya, kita hanya perlu melukis kuning muda yang lembut di atas area tersebut.
Langkah 11
Buatlah lebih realistis dengan melukisnya lagi dengan menggunakan sikat yang lebih kecil dengan warna putih atau lainnya.
Langkah 12
Dengan menggunakan teknik yang sama, refleksi cahaya lain ditambahkan ke pojok kanan atas. Mengingat di sinilah sumber cahaya imajiner ditempatkan, pantulannya harus lebih besar dan lebih kuat.
Hasil final
Ini adalah hasil akhir kami. Seperti yang Anda lihat, kami melakukan banyak lukisan manual dan menambahkan beberapa highlight halus untuk menjaga agar adegan tetap realistis. Kami juga mengandalkan tekstur untuk dengan mudah menambahkan realisme ke bentuknya.
Terimakasih telah membaca, dan saya harap Anda telah mempelajari beberapa teknik yang berguna dari tutorial sederhana ini. Jika Anda ikut serta, pastikan untuk mengunggah hasilnya di komentar di bawah ini-saya senang melihatnya.
ConversionConversion EmoticonEmoticon