Belajar Photoshop Manipulasi foto ikan mas raksasa di lautan

Belajar Photoshop Manipulasi foto ikan mas raksasa di lautan
Dalam tutorial ini kita akan menciptakan adegan underwater yang keren dengan ikan besar. Kami akan menggunakan beberapa alat dan penyesuaian dasar untuk mencapai hasil yang bagus.
Preview Hasil Akhir

Sumber Tutorial

Langkah 1

Buat dokumen baru 2150x4187px.
image003

Langkah 2

Buka file "Sky" dan pilih semua (Ctrl + A). Salin semua (Ctrl + C) dan tempelkan ke dokumen kami (Ctrl + V). Tekan Ctrl + T untuk Free Transform dan posisikan dokumen seperti gambar di bawah ini.
image004

Langkah 3

Buka file "Sky" dan menggunakan Elliptical Marquee Tool buat pilihan bulan.
image005

Langkah 4

Copy dan paste ke dokumen kami. Tekan Ctrl + T untuk Bebas Merubah bulan seperti pada gambar di bawah ini. Ubah layer blend mode menjadi Overlay.
image006

Langkah 5

Klik dua kali lapisan bulan untuk masuk ke opsi Advanced Blending dan tambahkan gaya berikut agar bulan terlihat lebih realistis.
image007

Langkah 6

Duplikat layer bulan dengan menekan Ctrl + J dan Ctrl-klik pada layer untuk membuat pilihan bulan. Isi seleksi ini dengan warna hitam (dengan warna hitam seperti warna foreground tekan Alt + Backspace) dan aplikasikan Blur Gaussian 250px. Ubah layer blend mode menjadi Multiply dan turunkan Opacity menjadi 23%.
image008

Langkah 7

Tambahkan lapisan Curves Adjustment dan ubah kanal Blue and Red seperti gambar di bawah ini. Langkah ini akan menambahkan rona biru yang bagus pada gambar.
image009image010

Langkah 8

Pada langkah ini kita akan menciptakan pelangi. Buat layer baru dan gunakan Rectangular Marquee Tool buat pilihan seperti gambar di bawah ini.
image011

Langkah 9

Pilih Gradient Tool (G) dan di toolbar atas klik dua kali untuk membuka editor gradien.
image012

Langkah 10

Untuk meniru warna pelangi tambahkan warna berikut pada editor gradien: merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, magenta. Setelah selesai tekan OK.
image013

Langkah 11

Tahan Shift dan seret dengan Gradient Tool sesuai pilihan yang Anda buat pada langkah 8. Tekan Ctrl + D untuk membatalkan pilihan dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
image014

Langkah 12

Gunakan alat Penghapus untuk menghapus margin gradien dan menerapkan Gaussian Blur 20px.
image015

Langkah 13

Dengan lapisan pelangi yang dipilih tekan Ctrl + T untuk masuk Free Transform. Klik kanan pada pelangi dan pilih Warp. Dari menu drop down atas pilih Arch.
image016

Langkah 14

Anda bisa melihat hasil transformasi kita di bawah ini. Sekarang mulai terlihat seperti pelangi yang sebenarnya.
image017

Langkah 15

Ubah blending mode lapisan pelangi menjadi Color dan turunkan Opacity menjadi 37%. Letakkan pelangi di dekat bulan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.image018

Langkah 16

Buka file "Underwater" dan pilih semua (Ctrl + A). Copy lalu paste ke dokumen kita. Gunakan Free transform untuk mengubah ukuran dan memposisikan layer seperti ditunjukkan di bawah ini.
image019

Langkah 17

Tempel file "Underwater" lagi dengan menekan Ctrl + V dan ubah ukurannya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
image020

Langkah 18

Tambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Hide All) dan gunakan sikat lembut putih bulat pada cat Opacity 30% di lapisan atas untuk mengungkapkan beberapa area tengah lapisan ini.
image021

Langkah 19

Tambahkan lapisan Curves Adjustment dan tarik kurva ke bawah untuk menggelapkan pemandangan. Tapi karena kita ingin menerapkan efek ini selektif kita akan menutupi beberapa efek gelap pada langkah selanjutnya.
image022

Langkah 20

Tekan D untuk mengatur warna default dan pilih gradient tool (G). Klik pada layer mask daripada menahan tombol Shift dan tarik dari bagian bawah ke arah atas. Ini akan menggelapkan dasar laut dan akan membuat pemandangan bawah laut terlihat lebih realistis karena jika melihat pemandangan bawah laut Anda akan melihat bahwa bagian di dekat bagian bawah laut itu lebih gelap.
image023

Langkah 21

Pada langkah ini kita akan menciptakan refleksi air kaustik di dasar laut. Pertama buat layer baru (Ctrl + Shift + Alt + N) dan pilih Filter> Render> Clouds. Pastikan Anda mengatur warna default (tekan D untuk mengatur warna default).
image024

Langkah 22

Dengan layer yang sama dipilih pilih Filter> Render> Difference Clouds. Langkah ini akan memberi kita efek menarik yang ditunjukkan di bawah ini.
image025

Langkah 23

Tekan Ctrl + I untuk membalikkan warnanya karena kita menginginkan pantulan bawah air kita menjadi putih.
image026

Langkah 24

Mari kita meningkatkan kontras sedikit dan membuat refleksi air kaustik lebih terasa. Tambahkan penyesuaian Curves dengan memilih Image> Adjustments> Curves dan seret slider kiri ke arah tengah.
image027

Langkah 25

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini efeknya terlihat jauh lebih bersih. Gambar ini juga bisa digunakan untuk membuat efek petir. Jika Anda ingin membuat efek pencahayaan di proyek Anda yang lain, cukup ubah layer blend mode menjadi Screen dan bagian hitam akan hilang sehingga Anda bisa mendapatkan efek Petir yang bagus. Setelah itu cukup tambahkan layer mask dan sembunyikan bagian yang tidak diinginkan. Tapi mari kita lanjutkan dengan pemandangan bawah air kita dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.
image028

Langkah 25

Ubah layer blend mode menjadi Soft Light dan tekan Ctr + T untuk masuk ke Free Transform. Ubah ukuran dan posisikan lapisan ini seperti yang ditunjukkan di bawah ini dan tekan Enter setelah selesai. Mulai terlihat lebih baik dan lebih baik, ehh?
image029

Langkah 26

Tambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan dengan sikat lembut putaran hitam pada 80% Opacity dengan lembut menutupi ujung atas untuk membuat bayangan memudar di kejauhan dan perpaduannya dengan pemandangan. Ingat, dalam adegan di mana Anda ingin mencapai realisme hard edge adalah musuh Anda, terutama jika Anda melakukan adegan alam.
image030

Langkah 27

Buka file "Ikan" dan gunakan alat seleksi favorit Anda buat pilihan ikan. Copy dan paste seleksi ini ke dalam dokumen kami. Posisikan ikan seperti pertunjukan di bawah ini dan menggunakan masker lapisan atau Eraser Tool pada Opacity 50% yang sebagian menghapus ekor dan bagian atas membran. Selaput ikan biasanya semitransparan jadi langkah ini akan memanggang ikan berbaur dengan pemandangan yang lebih baik.
image031

Langkah 28

Gandakan layer "Fish" dan Ctrl-klik pada layer untuk membuat pilihan. Isi seleksi ini dengan warna hitam dan tekan Ctrl + D untuk membatalkan pilihan. Terapkan Motion blur ke lapisan ini untuk meniru bayangan di bawah ikan.
image032

Langkah 29

Ubah blend mode dari layer ini menjadi Multiply dan turunkan Opacity menjadi 56%. Tambahkan layer mask dan hapus semua bagian yang tidak perlu (area di atas ikan) dengan melukis dengan alat sikat hitam lembut di Opacity 100%.
image033

Langkah 30

Dalam pemandangan kita, cahaya datang dari sisi kiri atas, jadi mari kita menambahkan beberapa lampu dan bayangan pada ikan kita untuk membuatnya terintegrasi ke dalam pemandangan. Kita akan menambahkan beberapa kegelapan terlebih dahulu. Tambahkan Lapisan Kurva Penyesuaian dan modifikasi kurva seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
image034

Langkah 31

Tambahkan layer penyesuaian Curves yang lain dan ubah kurva seperti pada gambar di bawah ini. Hal ini akan semakin menggelapkan pemandangan.
image035

Langkah 32

Sekarang untuk bagian lightness tambahkan layer Curves Adjustment namun kali ini tarik kurva ke atas untuk meringankan pemandangan.
image036

Langkah 33

Sekarang kita memiliki lapisan terang dan gelap yang dibuat hanya mengisi semua lapisan topeng mereka dengan warna hitam. Selanjutnya pilih sikat putih bulat bulat pada Opacity 80-100% dan mulailah melukis di lapisan masker untuk mengungkapkan efek yang diinginkan. Cat dengan warna putih di layer mask dari Lighten layer untuk menambahkan cahaya pada scene dan cat dengan warna hitam pada layer mask dari Darken1 atau Darken 2 untuk menambahkan darkness ke scene. Langkah ini lebih tentang bereksperimen dan mempercayai mata artistik batin Anda daripada tentang penyesuaian yang tepat. Anda bisa melihat hasil yang saya capai di bawah tapi jangan khawatir jika Anda tidak memiliki hasil yang sama. Terus bereksperimen sampai Anda mencapai efek yang Anda inginkan.
image037

Langkah 34

Sebagai langkah terakhir untuk mewarnai benar ikan mari kita tambahkan lapisan Hue / Saturation Adjustment dan kurangi kejenuhan sedikit.
image038

Langkah 35

Tentunya kita akan memanfaatkan layer masking sehingga kita akan menerapkan efek yang diinginkan secara selektif. Isi layer mask dari Hue / Saturation Adjustment Layer dengan warna hitam dan gunakan alat sikat lembut putih di Opacity 50% cat bagian bawah lapisan untuk membuat efek ini terlihat tepat di bagian bawah pemandangan.
image037 [1]

Langkah 36

Mari tambahkan beberapa tanaman air untuk meningkatkan variasi pemandangan. Dari kemasan tanaman air pilih tanaman yang Anda sukai lalu salin dan tempelkan ke dalam pemandangan kita. Mengubah ukuran tanaman dan menempatkannya di dasar laut. Ubah layer blend mode menjadi Multiply.
image039

Langkah 37

Gandakan layer tanaman dan klik Ctrl di atasnya untuk membuat pilihan. Isi seleksi ini dengan warna hitam (dengan warna hitam seperti warna foreground tekan Alt + Backspace) dan gunakan Free Transform untuk mengatur ukuran dan posisi bayangan di sebelah kiri tanaman. Ubah blend mode menjadi Multiply dan turunkan Opacity menjadi 79%.
image040

Langkah 38

Tambahkan layer mask ke layer shadow (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan gunakan sikat lembut putaran hitam pada 80% Opacity mask menjauh dari tepi luar bayangan.
image041

Langkah 39

Kelompokkan tanaman dan lapisan bayangan (Ctrl-klik pada kedua lapisan dan tekan Ctrl + G). Gandakan grup ini beberapa kali (Layer> Duplicate Group) dan tempatkan tanaman dan bayangan baru seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Turunkan opacity tanaman yang tampak lebih jauh lagi.
image042

Langkah 40

Karena bagian bawah adegan kita nampak kosong mari kita tambahkan beberapa karang. Buka file "Corals" dan pilih coral yang kamu suka. Copy lalu paste ke scene kita. Mengubah ukuran karang seperti pada gambar di bawah daripada mengubah blend mode menjadi Multiply. Gunakan alat Eraser atau cat dengan warna hitam di layer mask untuk melembutkan tepi keras.
image043

Langkah 41

Ulangi langkah di atas tapi kali ini pilih karang lain untuk variasi.
image044

Langkah 42

Buka file "Diver" dan gunakan Ctrl-klik layer background untuk memuat pilihan penyelam. Copy dan paste ke dokumen kami. Gunakan Free Transform (Ctrl + T) untuk membuat si penyelam kecil dan letakkan dia di depan ikan. Ubah layer blend mode menjadi Overlay. Dengan setiap elemen kecil ditambahkan pemandangan terlihat lebih baik.
image045

Langkah 43

Ulangi proses dari langkah 28-29 untuk membuat bayangan di bawah penyelam.
image046

Langkah 44

Gunakan Winrar atau 7zip untuk membongkar "Paket Pulau" di suatu tempat di hard drive Anda. Buka file "SNV32362.JPG". Buatlah pilihan pulau dan laut menggunakan Quick Selection Tool dan tekan Ctrl + J untuk membuat layer baru dari seleksi. Seperti yang bisa Anda lihat, alat Seleksi Cepat melakukan pekerjaan yang cukup bagus sehingga pada langkah selanjutnya kita akan menempatkan pulau ini di tempat kejadian.
image047

Langkah 45

Copy dan paste seleksi Island ke dalam scene kita lalu gunakan Free Transform untuk memposisikannya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Tambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan dengan warna hitam seperti foreground membuat beberapa tepi bergerigi di bagian kiri atas gunung menggunakan alat sikat kapur standar atau sikat bermata keras lainnya.
image048

Langkah 46

Open file "Water Caustics" dan menggunakan Rectangular Marquee Tool membuat pilihan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
image049

Langkah 47

Copy dan paste seleksi ke dokumen kami. Gunakan Free Transform untuk mengubah ukuran dan memposisikan pilihan seperti ditunjukkan di bawah ini. Oleskan Gaussian Blur 5px ke lapisan ini untuk membuatnya berbaur mulus dengan pemandangan kita.
image050

Langkah 48

Pertama buat layer baru. Kemudian gunakan Preset Manager untuk mengimpor sikat Light dan dengan cahaya pilihan Anda buatlah cahaya di atas ikan dan lampu di atas penyelam. Untuk setiap cahaya tambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan gunakan sikat lembut putaran hitam pada Opacity 100% sembunyikan bagian yang tidak diinginkan. Cobalah untuk mencapai sesuatu seperti adegan yang ditunjukkan di bawah ini. Anda bisa mengubah mode perpaduan lapisan cahaya menjadi Linear Light atau Color Dodge dan menurunkan Opacity menjadi 60-70%.
image051

Langkah 49

Buat layer baru dan impor Bubbles Brushes. Dengan warna putih seperti warna foreground cat beberapa gelembung pada berbagai ukuran yang berasal dari mulut ikan dan di sekitar penyelam. Jelas gelembung harus lebih kecil di atas penyelam dan lebih besar di atas ikan.
image052

Langkah 50

Unsur yang akan menentukan pemandangan bawah air akan menjadi puing-puing. Perhatikan berbagai gambar bawah laut dan lihat jumlah puing-puing (plankton, kotoran, bintik-bintik putih kecil) yang mengapung. Kami akan mencoba untuk meniru efek itu dalam adegan kami.
Untuk melakukan ini pertama-tama kita akan membuat layer baru dan mengisinya dengan warna hitam. Daripada kita akan menambahkan beberapa noise (Filter> Noise> Add Noise).
image053

Langkah 51

Anda bisa melihat hasil filter noise di bawah ini. Dalam langkah selanjutnya kita akan semakin meningkatkan kontrasnya.
image054

Langkah 52

Tambahkan 5 px Gaussian Blur (lebih blur berarti puing-puing yang lebih besar) ke lapisan debris.
image055

Langkah 53

Tambahkan Penyesuaian Kurva untuk membuat puing-puing putih pop dan menggelapkan sisanya (tarik kiri dan slider kanan ke tengah sampai Anda mendapatkan sesuatu seperti bidang bintang).
image056

Langkah 54

Ubah mode campuran lapisan debris menjadi Color Dodge dan voila, Anda memiliki puing-puing. Sekarang Anda harus menambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan dengan sikat lembut putaran hitam sembunyikan beberapa puing dan cobalah untuk mencapai keacakan. Ingatlah untuk menunjukkan lebih banyak kotoran di daerah yang terang dan sembunyikan di daerah gelap. Dan tentu saja jangan biarkan puing-puing mengambang di atas permukaan air.
image057

Langkah 55

Setelah selesai masking lapisan pertama dari puing-puing Anda dapat mengulangi langkah 34 sampai 36 untuk membuat lapisan puing-puing tambahan. Untuk mencapai puing-puing yang lebih besar cukup meningkatkan jumlah Gaussian Blur yang Anda terapkan pada langkah 35. Setelah selesai menambahkan lapisan debris klik kanan pada setiap lapisan debris dan pilih Convert To Smart Object . Lalu aplikasikan 2-4px Gaussian Blur.
image058

Langkah 56

Pada masker Smart Filters Layer (bukan Layer Mask) gunakan sikat lembut putaran hitam untuk menyembunyikan beberapa efek kabur. Semuanya mencoba mencapai keacakan.
image059

Langkah 57

Elemen adegan ada di tempat mereka jadi inilah saatnya teknik pemrosesan pos. Tambahkan lapisan Curves Adjustment dan tarik kurva ke atas untuk meringankan pemandangan.
image060

Langkah 58

Atur warna default (D) dan gunakan Radial Gradient Tool tarik dari atas gambar ke arah bawah untuk menerapkan efek Curves hanya ke bagian atas adegan. Anda bisa melihat bagaimana lapisan topeng saya terlihat di bawah ini.
image061

Langkah 59

Anda bisa melihat bahwa penyesuaian di atas membuat pemandangan terlihat lebih baik. Tapi kita tidak akan berhenti disini. Mari lanjutkan ke langkah selanjutnya dan lebih menyempurnakan pemandangan kita.
image062

Langkah 60

Tambahkan lapisan penyesuaian Curves tapi kali ini tarik kurva ke bawah untuk menggelapkan pemandangan.
image063

Langkah 61

Isi layer mask dengan warna hitam (pilih dan dengan warna hitam seperti warna foreground tekan Alt + Backspace) dan dengan alat sikat lembut putih bulat menunjukkan efek gelap ke sisi kiri dan kanan pemandangan. Lihatlah topeng layer saya di bawah ini.
image064

Langkah 62

Dan itu adalah hasil dua langkah di atas. Perbedaannya mungkin tidak terlalu mencolok tapi menurut saya efek halus dan detil membuat pemandangan menjadi lebih baik.
image062 [1]

Langkah 63

Untuk meningkatkan kontras pegunungan dan langit menambahkan lapisan penyesuaian Peta Gradient dan pilih Hitam Hitam ke Gradien Putih.
image065

Langkah 64

Ubah layer Blend mode menjadi Soft Light dan turunkan Opacity menjadi 60%.

Langkah 65

Pada layer mask gunakan Linear Gradient Tool untuk membatasi efek layer ini ke bagian atas scene. Lihatlah topeng layer saya di bawah ini. Ingatlah bahwa di lapisan masker putih terungkap dan hitam tersembunyi.
image066

Langkah 66

Dan inilah bagaimana citra itu terlihat sekarang.
image067

Langkah 67

Untuk menggeser rona ke biru yang lebih dingin, tambahkan lapisan Penyesuaian Keseimbangan Warna dan gunakan pengaturan yang ditunjukkan di bawah ini.
image068

Langkah 68

Berikut adalah efek dari Color Balance Adjustment dari atas.
image069

Langkah 69

Tambahkan lapisan penyesuaian Hue / Saturation dan seret slider saturasi ke arah kiri untuk menurunkan saturasi.
image070

Langkah 70

Gunakan Linear Gradient Tool di layer mask untuk membatasi efek ini ke bagian bawah scene (di mana bagian bawah laut seharusnya).
image071

Langkah 71

Berikut adalah efek dari lapisan Penyesuaian Hue / Saturation yang kami lakukan pada langkah-langkah di atas.
image072

Langkah 72

Permukaan laut tampak agak terlalu gelap dan terlalu biru dan warnanya tidak sesuai dengan warna bawah laut. Mari kita perbaiki ini dengan menambahkan lapisan Penyesuaian Keseimbangan Warna.
image073

Langkah 73

Cat dengan alat sikat putih lembut bulat di lapisan masker untuk menerapkan efek ini hanya pada permukaan air. Sekarang Anda harus menghargai efek selektif masking dan cukup terbiasa dengan penggunaan masker layer. Itu hal yang baik karena masker lapisan sangat berharga untuk teknik pengeditan yang tidak merusak.
image074

Langkah 74

Dan inilah hasil penyesuaian Color Balance kami.
image075

Langkah 75

Gambarnya terlihat sangat bagus dan menyatu namun saya memutuskan untuk menambahkan sedikit warna kontras dengan membuat pemandangan di atas air lebih oranye. Jeruk adalah kebalikan dari warna biru pada roda warna sehingga kita akan memiliki kontras yang bagus dan beberapa warna yang indah. Tambahkan lapisan Penyesuaian Keseimbangan Warna dengan pengaturan yang ditunjukkan di bawah ini.
image076

Langkah 76

Pada layer mask gunakan Linear Gradient Tool untuk membatasi efeknya hanya pada bagian atas scene. Ini adalah bagaimana topeng lapisan saya terlihat.
image077

Langkah 77

Dan begitulah pemandangannya sekarang. Satu langkah lagi dan kita selesai.
image078

Langkah 79

Sebagai penyesuaian akhir saya memutuskan untuk membuat warna bawah air sedikit lebih cyan dan intens sehingga saya menambahkan Lapisan Penyesuaian Keseimbangan Warna Lainnya.
image079

Langkah 80

... menggunakan Linear Gradient Tool dan layer mask saya membatasi efeknya hanya pada bagian bawah scene.
image080

Langkah 81

Dan inilah tempat saya memutuskan untuk melangkah dengan penyesuaian saya. Tentu saja Anda dapat terus menambahkan detail dan elemen kecil untuk memperbaiki citra Anda namun dalam kasus saya, saya menganggap pemandangannya terlihat lengkap.
image081

Hasil Akhir

Tutorial oleh Adrian Scheff
image082Terima kasih telah mengikuti tutorial ini. Saya harap Anda belajar beberapa hal yang berguna dan meningkatkan keterampilan Photoshop Anda. Anda bisa melihat beberapa penyimpangan seni saya yang lain di sini . Selamat bersenang-senang photoshop!
Previous
Next Post »