Dalam tutorial ini kita akan menciptakan adegan underwater yang keren dengan ikan besar. Kami akan menggunakan beberapa alat dan penyesuaian dasar untuk mencapai hasil yang bagus.
Preview Hasil AkhirSumber Tutorial
Langit( Alternatif )- Bulan
- Bawah laut
- Ikan
- Paket tanaman
- Karang
- Penyelam
- Paket pulau
Air kaustik( Alternatif )- Sikat ringan
- Bubbles Brushes
Langkah 1
Buat dokumen baru 2150x4187px.
Langkah 2
Buka file "Sky" dan pilih semua (Ctrl + A). Salin semua (Ctrl + C) dan tempelkan ke dokumen kami (Ctrl + V). Tekan Ctrl + T untuk Free Transform dan posisikan dokumen seperti gambar di bawah ini.
Langkah 3
Buka file "Sky" dan menggunakan Elliptical Marquee Tool buat pilihan bulan.
Langkah 4
Copy dan paste ke dokumen kami. Tekan Ctrl + T untuk Bebas Merubah bulan seperti pada gambar di bawah ini. Ubah layer blend mode menjadi Overlay.
Langkah 5
Klik dua kali lapisan bulan untuk masuk ke opsi Advanced Blending dan tambahkan gaya berikut agar bulan terlihat lebih realistis.
Langkah 6
Duplikat layer bulan dengan menekan Ctrl + J dan Ctrl-klik pada layer untuk membuat pilihan bulan. Isi seleksi ini dengan warna hitam (dengan warna hitam seperti warna foreground tekan Alt + Backspace) dan aplikasikan Blur Gaussian 250px. Ubah layer blend mode menjadi Multiply dan turunkan Opacity menjadi 23%.
Langkah 7
Tambahkan lapisan Curves Adjustment dan ubah kanal Blue and Red seperti gambar di bawah ini. Langkah ini akan menambahkan rona biru yang bagus pada gambar.
Langkah 8
Pada langkah ini kita akan menciptakan pelangi. Buat layer baru dan gunakan Rectangular Marquee Tool buat pilihan seperti gambar di bawah ini.
Langkah 9
Pilih Gradient Tool (G) dan di toolbar atas klik dua kali untuk membuka editor gradien.
Langkah 10
Untuk meniru warna pelangi tambahkan warna berikut pada editor gradien: merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, magenta. Setelah selesai tekan OK.
Langkah 11
Tahan Shift dan seret dengan Gradient Tool sesuai pilihan yang Anda buat pada langkah 8. Tekan Ctrl + D untuk membatalkan pilihan dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
Langkah 12
Gunakan alat Penghapus untuk menghapus margin gradien dan menerapkan Gaussian Blur 20px.
Langkah 13
Dengan lapisan pelangi yang dipilih tekan Ctrl + T untuk masuk Free Transform. Klik kanan pada pelangi dan pilih Warp. Dari menu drop down atas pilih Arch.
Langkah 14
Anda bisa melihat hasil transformasi kita di bawah ini. Sekarang mulai terlihat seperti pelangi yang sebenarnya.
Langkah 15
Ubah blending mode lapisan pelangi menjadi Color dan turunkan Opacity menjadi 37%. Letakkan pelangi di dekat bulan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Langkah 16
Buka file "Underwater" dan pilih semua (Ctrl + A). Copy lalu paste ke dokumen kita. Gunakan Free transform untuk mengubah ukuran dan memposisikan layer seperti ditunjukkan di bawah ini.
Langkah 17
Tempel file "Underwater" lagi dengan menekan Ctrl + V dan ubah ukurannya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Langkah 18
Tambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Hide All) dan gunakan sikat lembut putih bulat pada cat Opacity 30% di lapisan atas untuk mengungkapkan beberapa area tengah lapisan ini.
Langkah 19
Tambahkan lapisan Curves Adjustment dan tarik kurva ke bawah untuk menggelapkan pemandangan. Tapi karena kita ingin menerapkan efek ini selektif kita akan menutupi beberapa efek gelap pada langkah selanjutnya.
Langkah 20
Tekan D untuk mengatur warna default dan pilih gradient tool (G). Klik pada layer mask daripada menahan tombol Shift dan tarik dari bagian bawah ke arah atas. Ini akan menggelapkan dasar laut dan akan membuat pemandangan bawah laut terlihat lebih realistis karena jika melihat pemandangan bawah laut Anda akan melihat bahwa bagian di dekat bagian bawah laut itu lebih gelap.
Langkah 21
Pada langkah ini kita akan menciptakan refleksi air kaustik di dasar laut. Pertama buat layer baru (Ctrl + Shift + Alt + N) dan pilih Filter> Render> Clouds. Pastikan Anda mengatur warna default (tekan D untuk mengatur warna default).
Langkah 22
Dengan layer yang sama dipilih pilih Filter> Render> Difference Clouds. Langkah ini akan memberi kita efek menarik yang ditunjukkan di bawah ini.
Langkah 23
Tekan Ctrl + I untuk membalikkan warnanya karena kita menginginkan pantulan bawah air kita menjadi putih.
Langkah 24
Mari kita meningkatkan kontras sedikit dan membuat refleksi air kaustik lebih terasa. Tambahkan penyesuaian Curves dengan memilih Image> Adjustments> Curves dan seret slider kiri ke arah tengah.
Langkah 25
Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini efeknya terlihat jauh lebih bersih. Gambar ini juga bisa digunakan untuk membuat efek petir. Jika Anda ingin membuat efek pencahayaan di proyek Anda yang lain, cukup ubah layer blend mode menjadi Screen dan bagian hitam akan hilang sehingga Anda bisa mendapatkan efek Petir yang bagus. Setelah itu cukup tambahkan layer mask dan sembunyikan bagian yang tidak diinginkan. Tapi mari kita lanjutkan dengan pemandangan bawah air kita dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.
Langkah 25
Ubah layer blend mode menjadi Soft Light dan tekan Ctr + T untuk masuk ke Free Transform. Ubah ukuran dan posisikan lapisan ini seperti yang ditunjukkan di bawah ini dan tekan Enter setelah selesai. Mulai terlihat lebih baik dan lebih baik, ehh?
Langkah 26
Tambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan dengan sikat lembut putaran hitam pada 80% Opacity dengan lembut menutupi ujung atas untuk membuat bayangan memudar di kejauhan dan perpaduannya dengan pemandangan. Ingat, dalam adegan di mana Anda ingin mencapai realisme hard edge adalah musuh Anda, terutama jika Anda melakukan adegan alam.
Langkah 27
Buka file "Ikan" dan gunakan alat seleksi favorit Anda buat pilihan ikan. Copy dan paste seleksi ini ke dalam dokumen kami. Posisikan ikan seperti pertunjukan di bawah ini dan menggunakan masker lapisan atau Eraser Tool pada Opacity 50% yang sebagian menghapus ekor dan bagian atas membran. Selaput ikan biasanya semitransparan jadi langkah ini akan memanggang ikan berbaur dengan pemandangan yang lebih baik.
Langkah 28
Gandakan layer "Fish" dan Ctrl-klik pada layer untuk membuat pilihan. Isi seleksi ini dengan warna hitam dan tekan Ctrl + D untuk membatalkan pilihan. Terapkan Motion blur ke lapisan ini untuk meniru bayangan di bawah ikan.
Langkah 29
Ubah blend mode dari layer ini menjadi Multiply dan turunkan Opacity menjadi 56%. Tambahkan layer mask dan hapus semua bagian yang tidak perlu (area di atas ikan) dengan melukis dengan alat sikat hitam lembut di Opacity 100%.
Langkah 30
Dalam pemandangan kita, cahaya datang dari sisi kiri atas, jadi mari kita menambahkan beberapa lampu dan bayangan pada ikan kita untuk membuatnya terintegrasi ke dalam pemandangan. Kita akan menambahkan beberapa kegelapan terlebih dahulu. Tambahkan Lapisan Kurva Penyesuaian dan modifikasi kurva seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Langkah 31
Tambahkan layer penyesuaian Curves yang lain dan ubah kurva seperti pada gambar di bawah ini. Hal ini akan semakin menggelapkan pemandangan.
Langkah 32
Sekarang untuk bagian lightness tambahkan layer Curves Adjustment namun kali ini tarik kurva ke atas untuk meringankan pemandangan.
Langkah 33
Sekarang kita memiliki lapisan terang dan gelap yang dibuat hanya mengisi semua lapisan topeng mereka dengan warna hitam. Selanjutnya pilih sikat putih bulat bulat pada Opacity 80-100% dan mulailah melukis di lapisan masker untuk mengungkapkan efek yang diinginkan. Cat dengan warna putih di layer mask dari Lighten layer untuk menambahkan cahaya pada scene dan cat dengan warna hitam pada layer mask dari Darken1 atau Darken 2 untuk menambahkan darkness ke scene. Langkah ini lebih tentang bereksperimen dan mempercayai mata artistik batin Anda daripada tentang penyesuaian yang tepat. Anda bisa melihat hasil yang saya capai di bawah tapi jangan khawatir jika Anda tidak memiliki hasil yang sama. Terus bereksperimen sampai Anda mencapai efek yang Anda inginkan.
Langkah 34
Sebagai langkah terakhir untuk mewarnai benar ikan mari kita tambahkan lapisan Hue / Saturation Adjustment dan kurangi kejenuhan sedikit.
Langkah 35
Tentunya kita akan memanfaatkan layer masking sehingga kita akan menerapkan efek yang diinginkan secara selektif. Isi layer mask dari Hue / Saturation Adjustment Layer dengan warna hitam dan gunakan alat sikat lembut putih di Opacity 50% cat bagian bawah lapisan untuk membuat efek ini terlihat tepat di bagian bawah pemandangan.
Langkah 36
Mari tambahkan beberapa tanaman air untuk meningkatkan variasi pemandangan. Dari kemasan tanaman air pilih tanaman yang Anda sukai lalu salin dan tempelkan ke dalam pemandangan kita. Mengubah ukuran tanaman dan menempatkannya di dasar laut. Ubah layer blend mode menjadi Multiply.
Langkah 37
Gandakan layer tanaman dan klik Ctrl di atasnya untuk membuat pilihan. Isi seleksi ini dengan warna hitam (dengan warna hitam seperti warna foreground tekan Alt + Backspace) dan gunakan Free Transform untuk mengatur ukuran dan posisi bayangan di sebelah kiri tanaman. Ubah blend mode menjadi Multiply dan turunkan Opacity menjadi 79%.
Langkah 38
Tambahkan layer mask ke layer shadow (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan gunakan sikat lembut putaran hitam pada 80% Opacity mask menjauh dari tepi luar bayangan.
Langkah 39
Kelompokkan tanaman dan lapisan bayangan (Ctrl-klik pada kedua lapisan dan tekan Ctrl + G). Gandakan grup ini beberapa kali (Layer> Duplicate Group) dan tempatkan tanaman dan bayangan baru seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Turunkan opacity tanaman yang tampak lebih jauh lagi.
Langkah 40
Karena bagian bawah adegan kita nampak kosong mari kita tambahkan beberapa karang. Buka file "Corals" dan pilih coral yang kamu suka. Copy lalu paste ke scene kita. Mengubah ukuran karang seperti pada gambar di bawah daripada mengubah blend mode menjadi Multiply. Gunakan alat Eraser atau cat dengan warna hitam di layer mask untuk melembutkan tepi keras.
Langkah 41
Ulangi langkah di atas tapi kali ini pilih karang lain untuk variasi.
Langkah 42
Buka file "Diver" dan gunakan Ctrl-klik layer background untuk memuat pilihan penyelam. Copy dan paste ke dokumen kami. Gunakan Free Transform (Ctrl + T) untuk membuat si penyelam kecil dan letakkan dia di depan ikan. Ubah layer blend mode menjadi Overlay. Dengan setiap elemen kecil ditambahkan pemandangan terlihat lebih baik.
Langkah 43
Ulangi proses dari langkah 28-29 untuk membuat bayangan di bawah penyelam.
Langkah 44
Gunakan Winrar atau 7zip untuk membongkar "Paket Pulau" di suatu tempat di hard drive Anda. Buka file "SNV32362.JPG". Buatlah pilihan pulau dan laut menggunakan Quick Selection Tool dan tekan Ctrl + J untuk membuat layer baru dari seleksi. Seperti yang bisa Anda lihat, alat Seleksi Cepat melakukan pekerjaan yang cukup bagus sehingga pada langkah selanjutnya kita akan menempatkan pulau ini di tempat kejadian.
Langkah 45
Copy dan paste seleksi Island ke dalam scene kita lalu gunakan Free Transform untuk memposisikannya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Tambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan dengan warna hitam seperti foreground membuat beberapa tepi bergerigi di bagian kiri atas gunung menggunakan alat sikat kapur standar atau sikat bermata keras lainnya.
Langkah 46
Open file "Water Caustics" dan menggunakan Rectangular Marquee Tool membuat pilihan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Langkah 47
Copy dan paste seleksi ke dokumen kami. Gunakan Free Transform untuk mengubah ukuran dan memposisikan pilihan seperti ditunjukkan di bawah ini. Oleskan Gaussian Blur 5px ke lapisan ini untuk membuatnya berbaur mulus dengan pemandangan kita.
Langkah 48
Pertama buat layer baru. Kemudian gunakan Preset Manager untuk mengimpor sikat Light dan dengan cahaya pilihan Anda buatlah cahaya di atas ikan dan lampu di atas penyelam. Untuk setiap cahaya tambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan gunakan sikat lembut putaran hitam pada Opacity 100% sembunyikan bagian yang tidak diinginkan. Cobalah untuk mencapai sesuatu seperti adegan yang ditunjukkan di bawah ini. Anda bisa mengubah mode perpaduan lapisan cahaya menjadi Linear Light atau Color Dodge dan menurunkan Opacity menjadi 60-70%.
Langkah 49
Buat layer baru dan impor Bubbles Brushes. Dengan warna putih seperti warna foreground cat beberapa gelembung pada berbagai ukuran yang berasal dari mulut ikan dan di sekitar penyelam. Jelas gelembung harus lebih kecil di atas penyelam dan lebih besar di atas ikan.
Langkah 50
Unsur yang akan menentukan pemandangan bawah air akan menjadi puing-puing. Perhatikan berbagai gambar bawah laut dan lihat jumlah puing-puing (plankton, kotoran, bintik-bintik putih kecil) yang mengapung. Kami akan mencoba untuk meniru efek itu dalam adegan kami.
Untuk melakukan ini pertama-tama kita akan membuat layer baru dan mengisinya dengan warna hitam. Daripada kita akan menambahkan beberapa noise (Filter> Noise> Add Noise).
Langkah 51
Anda bisa melihat hasil filter noise di bawah ini. Dalam langkah selanjutnya kita akan semakin meningkatkan kontrasnya.
Langkah 52
Tambahkan 5 px Gaussian Blur (lebih blur berarti puing-puing yang lebih besar) ke lapisan debris.
Langkah 53
Tambahkan Penyesuaian Kurva untuk membuat puing-puing putih pop dan menggelapkan sisanya (tarik kiri dan slider kanan ke tengah sampai Anda mendapatkan sesuatu seperti bidang bintang).
Langkah 54
Ubah mode campuran lapisan debris menjadi Color Dodge dan voila, Anda memiliki puing-puing. Sekarang Anda harus menambahkan layer mask (Layer> Layer Mask> Reveal All) dan dengan sikat lembut putaran hitam sembunyikan beberapa puing dan cobalah untuk mencapai keacakan. Ingatlah untuk menunjukkan lebih banyak kotoran di daerah yang terang dan sembunyikan di daerah gelap. Dan tentu saja jangan biarkan puing-puing mengambang di atas permukaan air.
Langkah 55
Setelah selesai masking lapisan pertama dari puing-puing Anda dapat mengulangi langkah 34 sampai 36 untuk membuat lapisan puing-puing tambahan. Untuk mencapai puing-puing yang lebih besar cukup meningkatkan jumlah Gaussian Blur yang Anda terapkan pada langkah 35. Setelah selesai menambahkan lapisan debris klik kanan pada setiap lapisan debris dan pilih Convert To Smart Object . Lalu aplikasikan 2-4px Gaussian Blur.
Langkah 56
Pada masker Smart Filters Layer (bukan Layer Mask) gunakan sikat lembut putaran hitam untuk menyembunyikan beberapa efek kabur. Semuanya mencoba mencapai keacakan.
Langkah 57
Elemen adegan ada di tempat mereka jadi inilah saatnya teknik pemrosesan pos. Tambahkan lapisan Curves Adjustment dan tarik kurva ke atas untuk meringankan pemandangan.
Langkah 58
Atur warna default (D) dan gunakan Radial Gradient Tool tarik dari atas gambar ke arah bawah untuk menerapkan efek Curves hanya ke bagian atas adegan. Anda bisa melihat bagaimana lapisan topeng saya terlihat di bawah ini.
Langkah 59
Anda bisa melihat bahwa penyesuaian di atas membuat pemandangan terlihat lebih baik. Tapi kita tidak akan berhenti disini. Mari lanjutkan ke langkah selanjutnya dan lebih menyempurnakan pemandangan kita.
Langkah 60
Tambahkan lapisan penyesuaian Curves tapi kali ini tarik kurva ke bawah untuk menggelapkan pemandangan.
Langkah 61
Isi layer mask dengan warna hitam (pilih dan dengan warna hitam seperti warna foreground tekan Alt + Backspace) dan dengan alat sikat lembut putih bulat menunjukkan efek gelap ke sisi kiri dan kanan pemandangan. Lihatlah topeng layer saya di bawah ini.
Langkah 62
Dan itu adalah hasil dua langkah di atas. Perbedaannya mungkin tidak terlalu mencolok tapi menurut saya efek halus dan detil membuat pemandangan menjadi lebih baik.
Langkah 63
Untuk meningkatkan kontras pegunungan dan langit menambahkan lapisan penyesuaian Peta Gradient dan pilih Hitam Hitam ke Gradien Putih.
Langkah 64
Ubah layer Blend mode menjadi Soft Light dan turunkan Opacity menjadi 60%.
Langkah 65
Pada layer mask gunakan Linear Gradient Tool untuk membatasi efek layer ini ke bagian atas scene. Lihatlah topeng layer saya di bawah ini. Ingatlah bahwa di lapisan masker putih terungkap dan hitam tersembunyi.
Langkah 66
Dan inilah bagaimana citra itu terlihat sekarang.
Langkah 67
Untuk menggeser rona ke biru yang lebih dingin, tambahkan lapisan Penyesuaian Keseimbangan Warna dan gunakan pengaturan yang ditunjukkan di bawah ini.
Langkah 68
Berikut adalah efek dari Color Balance Adjustment dari atas.
Langkah 69
Tambahkan lapisan penyesuaian Hue / Saturation dan seret slider saturasi ke arah kiri untuk menurunkan saturasi.
Langkah 70
Gunakan Linear Gradient Tool di layer mask untuk membatasi efek ini ke bagian bawah scene (di mana bagian bawah laut seharusnya).
Langkah 71
Berikut adalah efek dari lapisan Penyesuaian Hue / Saturation yang kami lakukan pada langkah-langkah di atas.
Langkah 72
Permukaan laut tampak agak terlalu gelap dan terlalu biru dan warnanya tidak sesuai dengan warna bawah laut. Mari kita perbaiki ini dengan menambahkan lapisan Penyesuaian Keseimbangan Warna.
Langkah 73
Cat dengan alat sikat putih lembut bulat di lapisan masker untuk menerapkan efek ini hanya pada permukaan air. Sekarang Anda harus menghargai efek selektif masking dan cukup terbiasa dengan penggunaan masker layer. Itu hal yang baik karena masker lapisan sangat berharga untuk teknik pengeditan yang tidak merusak.
Langkah 74
Dan inilah hasil penyesuaian Color Balance kami.
Langkah 75
Gambarnya terlihat sangat bagus dan menyatu namun saya memutuskan untuk menambahkan sedikit warna kontras dengan membuat pemandangan di atas air lebih oranye. Jeruk adalah kebalikan dari warna biru pada roda warna sehingga kita akan memiliki kontras yang bagus dan beberapa warna yang indah. Tambahkan lapisan Penyesuaian Keseimbangan Warna dengan pengaturan yang ditunjukkan di bawah ini.
Langkah 76
Pada layer mask gunakan Linear Gradient Tool untuk membatasi efeknya hanya pada bagian atas scene. Ini adalah bagaimana topeng lapisan saya terlihat.
Langkah 77
Dan begitulah pemandangannya sekarang. Satu langkah lagi dan kita selesai.
Langkah 79
Sebagai penyesuaian akhir saya memutuskan untuk membuat warna bawah air sedikit lebih cyan dan intens sehingga saya menambahkan Lapisan Penyesuaian Keseimbangan Warna Lainnya.
Langkah 80
... menggunakan Linear Gradient Tool dan layer mask saya membatasi efeknya hanya pada bagian bawah scene.
Langkah 81
Dan inilah tempat saya memutuskan untuk melangkah dengan penyesuaian saya. Tentu saja Anda dapat terus menambahkan detail dan elemen kecil untuk memperbaiki citra Anda namun dalam kasus saya, saya menganggap pemandangannya terlihat lengkap.
Hasil Akhir
Tutorial oleh Adrian Scheff
ConversionConversion EmoticonEmoticon